liburan-seru-di-surabaya
traveling

13 Rekomendasi Tempat Wisata Murah Meriah di Surabaya

Ada yang masih bingung mau kemana? Atau malah bingung nggak ada duit unAda yang masih bingung mau kemana? Atau malah bingung nggak ada duit untuk liburan? Mending liburan ke kota terdekat, banyak loh tujuan wisata yang bisa di eksplore, khususnya Surabaya.

Jika ingin keliling Surabaya, nggak bakalan selesai dalam sehari, karena banyak sekali tempat yang dapat dikunjungi, nggak hanya mall saja yang sebagai jujukan untuk liburan, masih banyak taman kota yang cantik dan lokasi lainnya yang ramah di kantong, malah ada yang gratis.

Mau tahu di mana aja jika ingin menikmati waktu liburan di Surabaya yang murah meriah? Intip lokasi wisata berikut ini :

1. House of sampoerna

Tidak punya waktu untuk menjelajahi kota Surabaya? Ke sini aja, House of Sampoerna (HOS) merupakan museum kretek, mulai dari sejarah sampoerna, sekelumit tentang Surabaya hingga tembakau, jika ke sini saat hari kerja, bisa loh nonton para pekerja yang sedang melinting rokok. Karena identik dengan rokok, maka yang bisa melihat musemnya adalah warga yang berusia 18 tahun ke atas atau telah memiliki KTP.

bis-house-of-sampoerna
keliling surabaya kuy!

Tidak suka dengan rokok? Jangan khawatir, karena masih di area yang sama, dapat menikmati galeri kesenian atau menikmati naik bis HOS yang tujuannya wisata sejarah Surabaya, ke Tugu Pahlawan, Museum Bank dan masih banyak lagi tujuannya berkeliling santai dengan bis HOS. Bayarnya gratis, tapi tidak termasuk tiket ke lokasi wisata, misalnya jika tujuannya ke musem sepuluh nopember, tiketnya beli sendiri ya, hanya lima ribu perorang.

2. Tugu Pahlawan

Salah satu ikon Surabaya yang tidak boleh terlewat, nggak bayar loh, dan sering juga ada kegiatan di tengah lapang. Kalau ingin ke museum sepuluh nopember memang ada tiket masuk, murah meriah. Di museum ini dapat melihat dan mendenger diorama tentang heroiknya bung Tomo, membuat semangat arek – arek suroboyo berkorbar.

tugu-pahlawan-surabaya
Tugu pahlawan Surabaya

Ada apa saja di sini? Ada teks tentang perjuangan, ada persenjataan, ada kisah – kisah tokoh Indonesia, ada diorama eletronik, seperti nonton film, tapi bukan film yang diputar saat ini, namun film tentang perjuangan arek – arek Suroboyo.

Sebenarnya satu lokasi ini cukup puas untuk jalan – jalan bagi yang tidak punya waktu lama untuk menikmati kota Surabaya, banyak tempat untuk mengabadikan kenangan.

 

3. Taman Bungkul.

Taman yang beberapa kali meraih penghargaa, biasanya digunakan untuk tempat berkumpulnya berbagai komunitas di Surabaya. Taman yang cukup nyaman dan asri di tengah kota Surabaya yang cukup terik.

Terdapat beberapa permainan anak dan air mancur, jika berjala agak ke dalam, terdapat lokasi pemakaman mbah bungkul, dan di sekitarnya terdapat warung makan yang memanjakan lidah, lumayan padat jika malam minggu atau hari libur, dan termasuk salah satu lokasi car free day yang favorite.

 

4. Monumen kapal selam.

Penasaran dong, ada apa di dalam kapal selam, meskipun umurnya tak lagi muda, kapal selam pasopati yang merupakan armada Angkatan Laut RI buatan Uni Soviet. Untuk berkeliling di dalam badan kapal selam, cukup rogoh uang untuk tiket masuk sebesar sepuluh ribu rupiah (harga dapat berubah), banyak anak – anak sekolah yang mengadakan wisata di monument ini. Namun hendaknya jika membawa anak – anak perlu diawasi karena tangga untuk memasuki kapal selam cukup tinggi.

5. Surabaya North Quay

Surabaya Nort Quay (SNQ) beberapa bulan sekali disinggahi kapal pesiar dari macanegara. Hal ini menarik perhatian wisatawan lokal yang jarang juga melihat kapal pesiar yang tergolong mewah, suasana SNQ semakin apik jika dilihat saat sore hingga malam, banyak lampu yang cantik di pelabuhan. Ingin menikmati suasana pelabuhan di Surabaya North Quay (lokasinya di rooftop) harus membayar tiket masuk, cukup murah yaitu sepuluh ribu rupiah. Buka setiap hari kecuali hari senin.

north-quay-surabaya
surabaya north quay

6. Pantai kenjeran.

Pantai kenjeran luas banget, ada pantai kenjeran lama, ada kenjeran baru atau kenpark, ada juga waterpark kenjeran. Surabaya sedang memperhatikan banget lokasi di daerah Kenjeran ini.

patung-dewi-kwanm-in-surabaya
patung dewi kwan in

Kenjeran park dengan waterpark Kenjeran lokasinya tidak terlalu jauh. Namun, jika ingin wisata murah meriah biasanya di Kenjeran Park, di sana ada patung Dewi Kwan Im, yang lokasinya di Kelenteng Sanggar Agung, meskipun menjadi tempat wisata, namun masih berfungsi dengan baik sebagai tempat ibadah. Pengunjung memang diharapkan menghormati tuan rumah yang sering terlihat sedang beribadah dengan khidmat.

 

7. Hutan bambu.

Hutam bamboo merupakan lokasi wisata yang sering dijadikan lokasi pemotretan prewedding. Jadi, kalau ingin ke sini, lebih baik saat hari kerja, jangan weekend atau musim liburan, karena bakalan penuh, dan memang lokasi yang bagus banget untuk foto narsis agar eksis. Hutan bambu yang rimbun sejenak istirahat dari ramainya kota Surabaya, cukup teduh dan bisa dinikmati dengan berjalan santai.

hutan-bambu-surabaya
kuy semakin eksis dan narsi

 

8. Taman harmoni.

Lokasinya berdekatan dengan hutam bambu. Bedanya, banyak sekali bunga warna – warni yang dirawat secara rutin. Namun, berhati – hati ya, jangan menerabas sehingga menginjak tanaman hanya ingin foto di tengah – tengah tanaman, tolong ya selalu menjaga keindahan dan kebersihan tanaman, menanamnya hingga berbunga lumayan butuh waktu, pengunjung harus menjaganya.

taman-harmoni-surabaya
jaga kebersihan ya, jangan diinjak

 

9. Jembatan Suramadu.

Meskipun tidak ada tujuan ke Madura, melewati jembatan yang panjang banget ini, memiliki sensasi tersendiri loh, namun jika cuaca yang kurang bersahabat, misalnya angin laut yang cukup kencang, dilakukan buka-tutup untuk jembatan ini. Dapat dilalui mulai dari kendaraan roda dua, atau naik bis. Tak jauh dari lokasi, bisa menikmati Air mancur menari, pertunjukkan dimulai saat malam hari agar warna – warni lampunya nampak seperti sedang menari.

10. Kawasan Sunan Ampel.

Kawasan religi yang sering didatangi para peziarah dari luar kota, di kawasan Sunan Ampel banyak sekali kuliner yang wajib dicoba, seperti bermacam – macam kurma, nasi kebuli, pukis arab dan masih banyak kuliner yang wajib dicoba.

11. Kebun Bibit Surabaya.

Masih banyak kawasan wisata untuk keluarga dan ramah anak, salah satunya adalah kebun bibit Surabaya, di daerah Manyar. Ruang terbuka yang betah bikin berlama – lama.

12. Kebun Binatang Surabaya.

Salah satu ikon yang jangan sampai terlupakan, hilangkan pemikiran tentang Kebun Binatang Surabaya yang kurang sedap, karena sekarang sudah ada perubahan karena pengelolaan ditangani langsung oleh pemkot Surabaya, jauh lebih baik dan terus – menerus melakukan perbaikan secara bertahap.

13. Hutan Mangrove Wonorejo.

Merupakan kawasan wisata sekaligus manfaat mangrove itu sendiri adalah untuk mencegah abrasi. Kadang, beberapa pengunjung juga terlihat sedang melakukan penelitian tentang ekosistem hutan mangrove, berkumpul dengan komunitas, UMKM yang memanfaatkan hasil dari tanaman Mangrove yang memiliki nilai ekonomi. Jika ingin ke sini, saat musim kemarau saja, kalau musim hujan, masih banyak lokasi yang berlumpur dan kurang ramah untuk dijelajahi.

Bagi wisatawan yang lelah dan ingin beristirahat, melanjutkan perjalanan esok hari, tidak perlu bingung ketika  mencari hotel di Surabaya, langsung saja buka aplikasi pegipegi. Meskipun masih bingung ingin menginap di mana, cari saja berdasarkan lokasi, ketik Surabaya, dan sesuaikan tanggal check-in beserta check-out, total tamu yang akan menginap dan juga kamar yang dibutuhkan.

hotel-murah-di-surabaya
pegipegi

Nantinya ada beberapa rekomendasi hotel sebagai pilihan untuk bermalam. Hotel yang muncul di aplikasi, dapat berdasarkan harga terendah untuk menyesuaikan dana atau hotel berdasarkan popularitas.

hotel-bintang-3-di-surabaya
mau kemana kita

Jangan lupa, sebelum chek-in, selalu baca rating dari hotel yang akan diincar, ulasan sangat penting untuk tolak ukur kenyamanan, bagaimana fasilitas hotel hingga kebersihan kamar, tolet hingga akses parkir.

Di dalam aplikasi pegipegi, tercantum secara jelas fasilitas hotel, alamat hotel, info tentang hotel hingga review dan rating hotel. Tenang aja, banyak sekali hotel murah yang berkualitas, membuat semakin nyaman untuk beristirahat. Jadi, kapan kamu liburan ke Surabaya?

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *