Wisata Hutan Albasia Kubu Raya Destinasi Wisata Alam Yang Menarik

Wisata Hutan Albasia Kubu Raya Destinasi Wisata Alam Yang Menarik. Melihat namanya yang unik dan memiliki kesan natural, Albasia memang menjanjikan suasana alam yang harmoni, salah satu obyek wisata yang ada di kabupaten kubu raya ini banyak sekali diminati oleh wisatawan lokal, selain karena suasana alamnya, albasia juga memberikan kebebasan bagi kalangan dunia pendidikan, kelompok maupun komunitas untuk menjadikan Hutan Albasia sebagai tempat untuk berdiskusi dan sharing serta menjalankan kegiatannya.

Komunitas Blogger kubu raya sebagai salah satu komunitas yang cukup dikenal di kalimantan barat mendapatkan kesempatan untuk berkunjung di taman wisata yang diresmikan pada tahun 2010 yang lalu oleh bupati Muda Mahendrawan. Rombongan komunitas yang tiba siang hari di lokasi tersebut langsung memasuki areal kawasan hutan albasia, tampak jalan pintu masuk yang menyerupai lorong dihiasi dengan besi-besi yang dibuat berbentuk kotak persegi panjang.

Pada sisi kanan dan kiri, terbentang pemandangan persawahan yang sudah mulai menguning pertanda sebentar lagi akan di panen turun menemani perjalanan rombongan blogger kubu raya community ini dalam mencari inspirasi kepenulisan langsung pada sumber objek wisata hutan albasia kubu raya. Pada areal taman hutan terlihat banyaknya pohon-pohon yang menjulang tinggi mengelilingi areal hutan, di sekitarnya, sudah tersedia pendopo sederhana yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati suasana harmoni alam.

Wisata Hutan Albasia Dari Lahan Tak terpakai menjadi Kawasan Wisata

Secara historis wisata hutan albasia merupakan sebuah lahan seluas 3.8 hektar yang tidak digunakan oleh PT. Alas kusuma, karena lahan tersebut terletak di areal yang luas dan memiliki suasana yang unik, pejabat desa kuala dua kemudian melakukan diskusi dengan pihak terkait untuk menjadikan lahan tersebebut sebagai areal wisata, gayungpun bersambut, lewat berbagai diskusi dengan pihak terkait akhirnya pada tanggal 18 januari 2010, wisata ini diresmikan oleh bupati kubu raya.

Untuk meningkatkan potensi yang ada, pihak pengelola mulai melakukan pembenahan dan renovasi secara bertahap, pelan namun pasti keberadaan kawasan wisata ini mulai banyak menarik pengunjung, tidak saja masyarakat kubu raya tetapi juga dari pengujung di luar kubu raya, bahkan  mulai dikenal sebagai salah satu wisata menarik di kalimantan barat.

Kedepannya tentu saja bukan hal yang mustahil, wisata alam ini akan banyak mendatangkan wisatawan secara nasional bahkan internasional, apalagi pihak pengelola selalu ruting menggelar kegiatan budaya khususya pada malam hari, karena pada dasarnya hutan dalam pengertian disini bukanlah seperti gambaran hutan pada umumnya tetapi lebih bersifat tempat atau taman rekreasi, sehingga walaupun kagiatan digelar malam hari tetap selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat

Destinasi Terbaik Kabupaten Kubu Raya

Hutan albasia merupakan salah satu wisata yang cukup menarik dengan menampilkan banyak pesona alam yang natural, dikelilingi areal perswahan yang luas, sehingga membuat pengunjung seperti benar-benar berada pada sebuah perkampungan  tradisonal, inilah yang menjadi daya tarik sesungguhnya, dimana tentu saja kesan natural begitu tampak disetiap sudut-sudut tempat yang ada di sekitanya.

Walaupun memang masih dibutuhkan perawatan yang intensif dari pihak pengelola mengingat taman wisata hutan albasia ini pengelolaannya secara mandiri, bukan tidak mungkin kedepannya akan dilirik oleh para investor untuk bekerjasama dalam mengembangkan potensi hutan albasia ini menjadi sebuah kawasan perkampungan tradisonal yang mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung di hutan albasia.